Vihara Bodhissatva Karaniya Metta

Dahulu lebih dikenal dengan sebutan Kelenteng Tiga atau Thian Hou Keng. Menurut beberapa sumber, bangunan kelenteng tua ini di bangun pada zaman Dinasti Kang Hie ( 1645 - 1772 ).

Sejarah menceritakan bahwa pada tahun 1979 Patung Macou atau Patung Dewi Samudra telah dibawa oleh seseorang yang bermarga Kim yang berasal dari Cina. Pada saat yang sama juga didirikan Kelenteng Macau atau Kelenteng Dewi Samudra yang berada di Jalan Thang Seng Hie atau yang dikenal dengan sebutan Jalan Kapuas Besar ( yang dimana sekarang lebih dikenal dengan Jalan Sutan Muhammad ).

Tiang dan rangka bangunannya terbuat dari kayu ulin yang didominasi warna merah dan kuning emas. Di tiga pintu utama terlukis gambar Dewa - dewa Kong Hu Chu. Dan dinding dan altar yang terdapat patung dan lukisan yang bermakna tentang filosofi ajaran kehidupan.

Dalam perkembangan sejarahnya kelenteng ini sudah mengalami beberapa kali pemugaran sampai seperti keadaan yang seperti sekarang ini. Kelenteng ini sering ramai dikunjungi setiap tanggal 1 dan 15 menurut penanggalan imlek. Mereka yang datang tidak hanya dari seputar Pontianak namun mereka juga datang dari luar kota.

No comments:

Powered by Blogger.