Puncak HUT RI ke-70, Kota Pontianak Jadi Tuan Rumah



Kota Pontianak sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Barat boleh berbangga hati dikarenakan akan menjadi tuan rumah kegiatan puncak HUT RI ke-70, yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2015 mendatang, dimana Presiden Jokowi direncanakan berkunjung ke Kalbar untuk membuka kegiatan Karnaval Khatulistiwa tersebut, yang rencananya akan dihadiri oleh para Menteri, para Duta Besar, Gubernur se-Indonesia.

Pada acara puncak tersebut, rencananya Bapak Presiden Jokowi yang akan membuka secara langsung, dimana akan dilaksanakan karnaval ratusan alat transportasi air dan darat yang akan diikuti oleh seluruh perwakilan Kalbar dan daerah lain di luar Kalbar untuk menghadirkan berbagai jenis transportasi air dan darat yang dihias dan akan menjadi karnaval terbesar di Indonesia.

Terpilihnya Kota Pontianak menjadi tuan rumah, salah satu penyebabnya adalah wacana dari Pemerintah Pusat untuk mengembangkan potensi wisata air yang sudah dicanangkan oleh Bappennas, dimana direncanakan Kota Pontianak akan disulap menjadi kota wisata dengan konsep Kota Kembar (Sister City) dengan Kota Lyon, Prancis.

Kota Pontianak merupakan daerah yang ditunjuk pertama kali sejak Indonesia merdeka dalam merayakan puncak acara HUT Kemerdekaan RI. Dalam hal ini Pemerintah Kota Pontianak menyambut dengan baik moment ini, sebagaimana istilah orang Pontianak, “Kecik Telapak Tangan, Nyiruk Kamek Tadahkan”, Pemerintah Kota Pontianak dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan mempersiapkan puncak acara HUT RI ke-70 ini dengan sebaik-baiknya dengan menampilkan budaya lokal dan budaya nusantara dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada di Kota Pontianak khususnya, dan di Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya.

Direncanakan pada acara puncak tersebut akan dilaksanakan karnaval darat yang akan dimulai dari halaman depan kantor Gubernur Kalbar kemudian berakhir di Taman Alun-alun Kapuas. Selanjutnya dari Alun-alun Kapuas, Bapak Presiden akan dibawa ke Masjid Jami menggunakan jalur air, kemudian akan melepas para peserta karnaval air. Khusus untuk karnaval air, akan melibatkan seluruh potensi transportasi air yang ada di Kalbar dari yang besar sampai yang kecil, selain itu kegiatan ini juga akan melibatkan semua instansi yang memiliki kapal, mulai dari TNI AL sampai dengan Bea Cukai.

Diperkirakan jumlah yang akan ikut memeriahkan bisa mencapai ribuan pendukung acara. Dalam upaya menjadikan kegiatan ini lebih menarik direncakanan akan  melibatkan Kurator dari Singapura karena kegiatan ini memang akan menjadi salah satu kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan Pontianak dan Kalbar lebih jauh ke mancanegara, terlebih kegiatan ini nantinya juga akan dihadiri beberapa kedutaan besar negara sahabat dan diliput sampai ke luar negeri, bukan hanya lokal.

No comments:

Powered by Blogger.