Tim Kesenian Kota Pontianak tampil di CARNAVAL ASIA AFRICAN 2015


Kota Pontianak merupakan salah satu delegasi yang turut di undang dalam acara Carnaval Asia African 2015  yang dilaksanakan pada tanggal 21 s/d 27 April lalu di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.

CARNAVAL ASIA AFRICAN 2015 ini dilaksanakan utamanya Meningkatkan dan mempererat persatuan dan solidaritas negara negara Asia – Afrika melalui ikon – ikon seni dan budaya masing-masing, Untuk mempromosikan objek wisata dan memperkenalkan keanekaragaman kesenian dan budaya daerah kepada para delegasi mancanegara dan wisatawan.

CARNAVAL ASIA AFRIKA 2015 dirangkai dengan acara ASIA AFRICA MEET dan GREET 2015, Solidarity Day ini diikuti oleh hampir 70 delegasi dari negara Asia – Afrika, dengan peserta kurang lebih 1.000 peserta, sedangkan pada acara Angklung For The World diikuti oleh 20.000 orang peserta.

Pada CARNAVAL ASIA AFRIKA 2015 banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti oleh Tim Kesenian Kota Pontianak, beberapa kesenian yang dapat ditampilkan diantaranya:

v  Konser Angklung yang melibatkan 20.000 pemain. Tim Kesenian Kota Pontianak tampil pada tanggal 22 April 2015 pada acara Meet & Greet di Mall Paris Van Java pada jam 15.00 WIB dengan menampilkan tarian Serai Serumpun, bersama-sama dengan Tim kesenian dari Afrika Selatan, Korea, Iran dan  Fhilipina serta beberapa negara asia afika lainnya
v  Pada tanggal 23 April 2015, jam 09.00 WIB Tim Kesenian Kota Pontianak tampil pada acara Meet & Greet di SMA Negeri 2 Bandung, dengan menampilkan Tarian Dayak berjudul ASUK (berburu) bersama-sama dengan Tim kesenian dari Afrika Selatan, Yordania, Iran dan  Fhilipina serta beberapa negara asia afika lainnya.
v  Pada tanggal 23 April 2015, jam 19.00 WIB, Tim Kesenian Kota Pontianak tampil pada acara Meet & Greet di Mall Cihampelas Walk dengan menampilkan tarian Belidak. Bersama-sama dengan Tim kesenian dari Iran, Thailand, Fhilipina dan Korea.
v  Pada tanggal 24 April 2015, Tim Kesenian Kota Pontianak mengikuti City Tour ke Kawah Putih Bandung.
v  Pada tanggal 25 April 2015, Tim Kesenian Kota Pontianak mengikuti CARNIVAL ASIA AFRICA 2015 yang digelar di sepanjang Jalan Asia Afrika dari Simpang Lima sampai Alun – Alun. Karnaval ini mengangkat Ciri Khas Seni dan Budaya Asia dan Afrika, dengan tema “ Solidarity Day “ yang diikuti oleh sekitar 1.000 peserta.
v  Pada tanggal 26 April 2015. Tim Kesenian Kota Pontianak mengikuti pameran dan tampil pada Acara Festival Nations yang merupakan pertunjukan budaya yang menjadi penutup seluruh rangkaian acara, acara ini digelar untuk memberikan kesan tersendiri bagi para delegasi dari seluruh perhelatan. Tim Kesenian Kota Pontianak menampilkan Tarian Tempurung pada acara dimaksud.

Dari sisi pelaksanaan diharapkan terlahirnya kembali semangat cinta kebersamaan dan gotong royong serta revolusi mental hal ini berhubungan langsung dengan jumlah solidaritas relawan untuk Asian African Carnaval 2015 sebanyak 16.000 orang dan akhirnya mengerucut sebanyak 5.522 orang. Mempromosikan Objek Wisata dan Melestarikan nilai-nilai kesenian budaya tradisional masing-masing daerah.

Kegiatan CARNAVAL ASIA AFRIKA 2015 memiliki potensi yang sangat baik untuk mendongkrak pariwisata indonesia di mata wisatawan mancanegara dan juga memberikan keuntungan ekonomi. Kedepan, pelaksanaan kegiatan CARNAVAL ASIA AFRIKA perlu ditingkatkan secara lebih profesional sehingga kegiatan yang dihadiri dan diisi para delegasi negara – negara Asia – Afrika dan beberapa delegasi daerah yang diundang  lebih maksimal baik dari segi panggung yang kurang luas maupun sound system yang kurang memadai. Kegiatan ini memiliki potensi pasar pariwisata yang cukup besar, sehingga dapat membawa manfaat dalam hal peningkatan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke Indonesia khususnya daerah Kota Pontianak sebagai salah satu delegasi yang turut di undang.






No comments:

Powered by Blogger.