Tugu Khatulistiwa

Terletak di sisi Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Sekitar 30 menit dari pusat kota, ke arah Kota Mempawah. Tugu Khatulistiwa dibangun sebagai pertanda bahwa Kota Pontianak tepat dilalui garis khatulistiwa. Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941
dari Van En W oleh Opzihter Wiese yang dikutip dari Bijdragentot de Geographie dari Chep Van den topographieschen dient in Nederlandsch Indie : Den 31 Sten Maart 1928, telah datang di Pontianak suatu ekspedisi internasional yang dipimpin seorang ahli geografi berkebangsaan Belanda. Dalam ekspedisi ini bertujuan untuk menemukan titik atau tenggak garis Khatulistiwa di Pontianak

Hasil pengukuran oleh tim BPTP, menunjukkan posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3.809 detik lintang utara, dan 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur.

Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah sungai Kapuas dari arah tugu saat ini. Mengenai posisi yang tertera dalam tugu ( 0 derajat, 0 menit dan 0 detik lintang, 109 derajat 20 menit, 0 detik bujur timur ), berdasarkan hasil pelacakan tim BPPT, titik itu terletak 1,2 km dari Tugu Khatulistiwa, tepatnya di belakang sebuah rumah di Jalan Sungai Selamat, Kelurahan Siantan Hilir.

Di kawasan tugu ini, setiap tanggal 21 - 23 Maret dan September menjelang tengah hari selalu diperingati kejadian alam yang unik di mana posisi titik perpotongan antara pusat matahari dengan garis khatulistiwa berada pada posisi 109 derajat 20" dan 00" Bujur T , disebut kulminasi. Pada saat itu semua benda yang berada di sekitar tugu tidak memiliki bayangan.

No comments:

Powered by Blogger.