Masjid Jami

Masjid Jami Pontianak berdiri dilahan seluas 6.755 m2, dengan luas masjid 1.250 m2. Terletak di sebelah Timur Sungai Kapuas Besar. Tepatnya di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Masjid Jami' dapat dijangkau dengan menggunakan sampan dari Parit Besar, Pelabuhan Seng Hie atau dengan Mobil melewati Jembatan Kapuas.

Atap Masjid Jami terdiri dari empat tingkat yang makin ke atas semakin kecil. Setiap tingkat dibatasi oleh jendela berukuran kecil, atap yang paling atas berbentuk kubah. Masjid Jami' ini dibangun dengan sejumlah tiang -tiang sebagai penyangga.

Tiang - tiangnya terdiri atas enam tiang utama atau soko guru berbentuk bulat, garis tengah 60 cm, 14 buah tiang pembantu berbentuk segi empat dan sejumlah tiang pinggir yang berfungsi sebagai penyangga atap dan sebagai kusen - kusen pintu dan tempat menempel dinding papan belian, di luar ruangan terdapat tiang yang menyangga atap, serambi, pintu dan jendela dari kaca kristal berwarna merah, biru, hijau dan merah muda. Di dalam Masjid sendiri terdapat mimbar di atasnya.

No comments:

Powered by Blogger.